Minggu, 25 November 2012

BAHAYA MSG BAGI KESEHATAN TUBUH MANUSIA

http://inojohan.blogspot.comMSG (Monosodium Glutamat) atau penyedap makanan yang berbahaya untuk tubuh manusia. Sebenarnya sudah banyak sebagian masyarkat negeri kita yang sudah tahu dan memahami tentang dampak negatif dari mengkonsumsi MSG, namun kurangnya kesadaran dari tiap individunya untuk menghindari menggunakan MSG sebagai bumbu masakan sehari-hari semakin menambah daftar penderita penyakit yang disebabkan oleh MSG itu sendiri.

Sering kita mendengar bahwa MSG dapat menyebabkan kanker, apakah itu benar?


  • Itu memang benar adanya teman, MSG memang dapat menyebabkan terpicunya penyakit kanker, ini terjadi karena MSG bersifat karsinogenik bila dalam proses pemasakanya dengan waktu yang lama serta suhu yang tinggi pula. Jadi dalam proses memasak juga berpengaruh terhadap tubuh manusia. MSG ternyata juga dapat memicu penyakit lain atau gangguan terhadap tubuh manusia, seperti : rusaknya jaringan pada otak karena pemakaian yang berlebihan, menghambat pertumbuhan pada anak karena MSG dapat menghambat penyerapan kalsium dan fosfor.



Walau pun demikian MSG memang diperbolehkan untuk dikonsumsi, namun dengan takaran yang tidak berlebihan sekitar 120mg/kg berat tubuh.

"Tips untuk mengontrol mengkonsumsi MSG sehari-hari agar tetap aman untuk tubuh"

  • Bila berpergian jauh usahakan untuk membawa bekal dari rumah untuk mengontrol mengkonsumsi MSG keseharian.
  • Bila terpaksa harus membeli makanan dari luar, usahakan untuk membeli buah-buahan karena jauh lebih baik dan sehat.
  • Dan untuk ibu yang sedang hamil hindarilah MSG karena dampak negatif dari MSG akan lebih terasa dari pada saat kondisi normal.
Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk kita semua dan tetap ingat bahwa mencegah lebih baik dari pada   mengobati.         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar