Kamis, 29 November 2012

CNC MESIN PEMBUAT MESIN






http://inojohan.blogspot.com CNC mesin pembuat mesin, CNC mesin dengan teknologi yang canggih masa kini.


  • Pengertian Mesin CNC

Dengan perkembangan teknologi komputer masa kini yang telah mengalami kemajuan yang amat pesat. Dan dalam perkembangan selanjutnya teknologi komputer telah diaplikasikan kedalam alat-alat perkakas mesin, seperti diantaranya mesin bubut, mesin frais, mesin bor. Hasil dari perpaduan antara teknologi komputer dan teknologi mekanik inilah yang kemudian dikenal dengan nama mesin CNC ( Computer Numerically-Controlled). Dalam sistem pengoprasian pada mesin CNC ini menggunakan program yang dikontrol langsung oleh komputer. Pada umumnya kontruksi pada mesin perkakas CNC dan sistim kerjanya yang lebih sinkron antara komputer dengan mekaniknya. Bila kita membandingkan dengan mesin perkakas konvensional akan banyak sekali  keuntungan bila kita memakai mesin CNC, seperti lebih teliti ( accurate ), lebih tepat ( presisi ), luwes ( fleksible ) dan mesin jenis ini cocok sekali untuk produk masal, sehingga dalam dunia industri sudah banyak yang mulai beralih untuk memggunakan mesin CNC untuk meningkatkan kualitas produknya, dan juga untuk meningkatkan pelayanan untuk konsumennya.

Dari  keterangan diatas dapat kita simpulkan . Mesin CNC (Computer Numerically Controlled) merupakan  suatu mesin yang dalam proses kerjanya dikontrol oleh komputer dengan munggunakan bahasa numerik (perintah gerakan dengan menggunakan kode angka & huruf ).

  • Prinsip Kerja Mesin Bubut CNC TU-2A
Mesin bubut CNC TU-2A mempunyai gerakan dasar kearah melintang dan horisontal dengan sistem koordinat sumbu X dan Z.
Prinsip kerja mesin bubut CNC TU-2A adalah benda kerja yang terpasang pada cekam (Chuck) berputar sedangkan alat potongnya diam.
Untuk arah gerakan pada mesin bubut CNC TU-2A diberikan lambang X dan Z.

  •   Sumbu X merupakan lambang gerakan melintang tegak lurus terhadap sumbu putar.
  •  Sumbu Z merupakan lambang gerakan horisontal yang sejajar dengan sumbu putar.
Untuk lebih jelas lihat pada gambar dibawah ini.





  • Prisip Kerja Mesin Milling CNC TU-3A
Mesin milling CNC TU-3A ini menggunakan sistim persumbuan dengan dasar sistim koordinat Carthesius (arah jarum jam). Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah:














Prinsip kerja mesin milling CNC TU-3A adalah pisau berputar, sedangkan benda kerja yang terpasang pada  meja bergerak kearah melintang atau horisontal. Untuk arah gerakan prsumbuannya diberikan lambang X, Y dan Z.

  • Sumbu X merupakan gerak untuk arah horisontal.
  • Sumbu Y merupakan gerak untuk arah melintang.
  • Sumbu Z merupakan gerak untuk arah naik - turun.

  • Bagian Mekanik Mesin Bubut CNC TU-2A
1. Motor Utama
Motor Utama merupakan motor penggerak cekam (Chuck) untuk memutar benda kerja . Motor ini adalah motor jenis arus searah (DC) dengan kecepatan putar yang variable.


2. Eretan (Support)
Eretan adalah gerak persumbuhan jalannya mesin.




3. Step motor
Step Motor adalah montor penggerak eretan,tiap eretan memiliki montor sendiri, yakni eretan sumbu X atau pun sumbu Z.
Jenis dan ukuran masing-masing step montor  adalah sama.
Identifikasi dari step montor adakah:

  • Jumlah putaran 72 langkah
  • Momen putaran 0,5 Nm
  • Kecepatan gerakan:
  1. Gerak cepat maksimum 700 mm.
  2. Gerak penguprasian manual 5 - 400 mm/menit.
  3. Gerak pengoprasian CNC terprogram 2 - 499 mm/menit.
4. Rumah Alat Potong (Revolver/Toolturret)
Rumah alat potong pada mesin bubut CNC TU-2A digunakan untuk menjepit alat-alat potong yang akan digunakan untuk mengerjakan benda kerja. Revolver/toolturret ini digerakan oleh step motor yang dapat berputar secara manual atau terprogram. 






5. Cekam (Chuck)
Cekam digunakan untuk menjepit benda kerja yang akan dikerjakan . Cekam ini dihubungkan langsung dengan spindel utama dengan motor penggerak melalui sabuk.

6. Kepala Lepas (Tailstock)
Kepala lepas adalah alat bantu mesin yang digunakan untuk mendukung proses pengerjakan benda kerja, seperti untuk mereamer, mengebor dan dapat juga digunakan untuk menopang benda kerja.

7. Meja Mesin (Slidding Bed)
Meja mesin ini berfungsi sebagai papan luncur gerakan dari eretan mesin, untuk itu jagalah kebersihannya agar tidak mempengaruhi hasil benda kerjanya.

8. Bagian Pengendali/Kontrol
Bagian pengendali/kontrol ini merupakan box kontrol mesin CNC  yang berisikan tombol-tombol dan skalar yang dilengkapi juga dengan layar monitor. Seperti gambar dibawah:



1 komentar:

  1. Kepada Yth,
    Dept Import / Purchasing
    Di Tempat.
    Dengan hormat,
    Perkenalkan kami PT.TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL. Kami adalah perusahaan Jasa Import specialist dalam bidang Jasa Customs Clearance di Kepabeanan baik area Bandara maupun Pelabuhan di seluruh Nusantara, maka dengan ini kami lampirkan penawaran jasa pengurusan pabean dan transportasi barang sampai ke tempat tujuan.
    ADAPUN SERVICE PERUSAHAAN KAMI SBB:
    1. JASA FREIGHT FORWARDING
    PT. TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL,Membantu anda dibidang Freight Forwarding yaitu pengurusan semua pengiriman dan penerimaan barang melalui darat, laut dan udara.
    2. JASA UNDER NAME
    PT. TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL,Membantu perusahaan-perusahaan yang akan melakukan kegiatan import maupun export dari berbagai negara dengan cara Import/export Lisensi / Under Name,bagi perusahaan yang belum memiliki fasilitas izin import maupun export
    3. JASA IMPORT DOOR TO DOOR SERVICE
    PT. TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL,melayani import borongan mulai dari menjemput barang dari shipper dan mengantar sampai ketempat tujuan
    4. JASA CUSTOM CLEARENCE
    PT. TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL,membantu anda dalam pengurusan customs clearance di kepabeanan untuk kegiatan export dan import.
    5. JASA PPJK
    PT. TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL,Membantu anda dalam kegiatan pengurusan pemenuhan kewajiban pabean untuk dan atas kuasa importir atau eksportir.
    6. JASA EKSPOR-IMPOR
    PT. TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL,membantu anda memberikan layanan Jasa Ekspor Impor untuk mengurusin barang yang akan anda ekspor maupun impor.
    Demikianlah penawaran service kami ajukan,besar harapan kami dapat bekerja sama dengan bapak / ibu, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
    HUBUNGI KAMI SEKARANG DAN BUKTIKAN :
    Best Regards,
    Rahmat Risky
    Mobile : 0812-98511285
    TNT Logistics
    PT. TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL
    Office : Gedung Griya Intan
    Jln.Buncit Raya No.21B, Jakarta Selatan 12510 Indonesia
    Phone : (+62-21) 79189240,27531255,Fax,:(+62-21) 22791648E-mail : rahmat.risky26@gmail.com / info.tnt@cbn.net.id

    BalasHapus